Bagi Anda yang mengendarai motor/mobil pasti bisa merasakan performa kendaraan Anda, sehingga kerusakan bisa terdeteksi dan jadual service serta ganti pelumas kendaraan Anda menjadi lebih terkontrol.
Jadual service dan ganti pelumas memang tidak boleh melebihi dari jadual yang telah ditetapkan, biasanya berdasarkan angka odometer. Sesuatu yang dibutuhkan oleh mesin untuk bertahan dalam berbagai macam kondisi adalah kualitas pelumas yang dapat diandalkan.
Pelimas yang baik adalah yang dapat bertahan viskositasnya (kekentalan) dalam berbagai kondisi, dari mulai mesin dihidupkan (dingin) sampai pada kondisi macet (panas). Tingkat kekentalan pelumas dapat kita lihat di kemasannya, biasanya diberi label SAE (versi Amerika) dan JASO (versi Jepang). Semakin rendah angka SAE (misal SAE10-40) berarti tingkat kekentalan semakin kecil (encer) dibanding dengan berSAE tinggi (misal SAE20-50). Tapi bukan berarti yang berSAE kecil tidak dapat melumasi tapi memang digunakan untuk spesifikasi mesin yang lebih kompleks dan memiliki rongga yang sangat kecil (baca: presisi) sehingga diperlukan pelumas yang lebih encer untk melumasi komponen mesin.
Umur pelumas sebenarnya sudah ditentukan, tapi untuk kondisi yang diluar normal penggantian pelumas hendaknya sebelum jadual yang ditetapkan. Kondisi lalu lintas di Jakarta misalnya, dengan kondisi macet dimana-mana dan cuaca yang panas membuat mesin lebih gerah karena kerja ekstranya sehingga menuntut kualitas yang bagus. Kualitas pelumas bisa saja bagus, tapi dengan kondisi ekstra maka penggantian seharusnya dilakukan lebih cepat dari jadual yang seharusnya untuk menghindari memburuknya kinerja mesin. Pada prinsipnya menggunakan pelumas sintetis lebih mumpuni untuk kondisi di Jakarta tapi penggantian menjadi lebih cepat karena kekentalannya cepat berkurang. Untuk penggunaan pelumas alami (mineral) semakin lama semakin kental tapi tingkat kekentalan tersebut malah memperberat kinerja mesin.
Untuk pilihan pelumas sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lalu lintas dan kebiasaan mengemudi Anda. Lebih baik keluar uang sedikit daripada harus memperbaiki mesin karena buruknya kualitas pelumas.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment